TIPS HEMAT BBM

Berikut Kami sajikan Tips Cara Menghemat Bensin:

Cara 1
Isi minyak diwaktu awal pagi atau diwaktu suhu dingin. Ini karena ia memiliki kapasitas lebih banyak cairan bensin pada waktu dingin dibandingkan waktu panas karena banyak uap.

IMG_3550

Cara 2
Isi minyak secara perlahan sehingga cairan bensin dapat masuk sepenuhnya kedalam tangki dan mengurangi fenomena uap bensin menguap bebas dan membuang bensin Anda.

Cara 3
Isi minyak saat tangki setengah penuh. Ini karena lebih banyak sisa minyak dalam tangki akan mengurangi kapasitas ruang udara sekaligus Anda dapat lebih bensin dalam tangki yang lebih optimal.

Cara 4
Kurangi beban berat. Jangan bawa barang yang tidak perlu. Penambahan berat 50 kg meningkatkan penggunaan minyak sebesar 2%.

Cara 5
Perhatikan tekanan angin ban Anda. Tekanan angin yang berkurang akan menambah 5% penggunaan minyak karena gesekan berlebihan.

Cara 6
Pemeliharaan. Tuning injin yang buruk meningkatkan penggunaan minyak sampai lebih 50%. Rajinlah periksa secara berkala tingkat busi, tali kipas dan filter udara.

Cara 7
Kecepatan – Lebih lambat Anda mengemudi, lebih hemat bahan bakar yang digunakan malahan dapat mengelak dari kena saman. Mengemudi melebihi 90 km / jam akan meningkatkan secara signifikan penggunaan bensin.

Cara 8
Jika mobil tidak bergerak, matikan injin jika sekedar menunggu sesaorang. Hindari menekan pedal gas jika mobil tidak bergerak.

Cara 9
Penggunaan Gear – Pilih gear yang sesuai dengan kecepatan. Menggunakan gigi rendah untuk kecepatan tinggi menyebabkan pemborosan minyak karena rpm injin akan meningkat. Gunakan modus ekonomi jika mobil Anda memilikinya.

Cara 10
Rem – Jika Anda sudah tahu dimana akan berhenti, perlahankan mobil Anda secara bertahap. Hindari memberek mendadak.

Cara 11
Perencanaan – Rencanakan perjalanan untuk menghindari kemacetan lalulintas. Ini menghemat waktu uang dan menghindari stres. Anda juga dapat mengatur perjalanan Anda agar dapat memaksimalkan tujuan dalam satu perjalanan. Misalnya balik dari kerja dapat singgah membeli barang, mengisi minyak dan sebagainya. jadi tak perlu keluar berulang kali.

Cara 12
Minimum – Kurangi perjalanan jarak dekat karena ini meningkatkan penggunaan minyak sebesar 40%. Kalau sekadar kekedai dekat sebaiknya hanya naik moror, sepeda atau berjalan kaki saja.

Cara 13
Tak perlu pasang air cond kalau cuaca dah dingin, atau tutup air cond ketika dah nak sampai destenasi. Penggunaan minyak meningkat 10% bila menggunakan air cond.

Cara 14
Tak usah merempit, cilok sana sini, kalau bisa harus bujak tekan pedal minyak dengan cara berhemah. Kalau nak jimat kenalah bawa secara sederhana saja tak perlu laju-laju. Yang penting slow & steady saja. Kalau nak racing pergilah masuk sepang circuit.

Cara 15
Pastikan jendela mobil tidak dibuka sepenuhnya saat mengemudi. Jika tidak mobil anda akan bertambah gesekan dan perlahan menyebabkan Anda harus menekan lebih banyak pedal minyak untuk bergerak.

Cara 16
Kurangi perjalan selama waktu puncak karena kesesakkan jalanyara juga menyebabkan penggunaan minyak lebih dari biasa. Elok gunakan mobil bergear manual sebab mobil otomatis lebih banyak makan minyak

Cara 17
Pastikan mesin berfungsi dengan baik dan selalu di servis dan ganti pelumas jadwal. Gunakan minyak injin yang berkualitas untuk memaksimalkan kebersihan injin. Rujuklah kepada mekanik Anda karena mereka lebih arif tentang hal ini.

Cara 18
Warming up mesin mobil Anda setidaknya 30 detik setelah injin diaktifkan. Tak perlu tekan pedal minyak saat warming up karena hanya membuang minyak saja.

By. daihatsublog.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s