Peraturan Mobil Murah Kelar, Setelah Agya & Ayla Siapa Menyusul?

20130610-083513.jpg

daihatsublog — Peraturan Pemerintah (PP) mobil murah dipastikan telah mendapat tandatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan regulasi ini mobil-mobil tertentu yang sesuai dengan persyaratan akan mendapat insentif pemotongan pajak.
PP Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Barang Mewah yang di dalamnya mengatur Low Cost and Green Car (LCGC) dan Low Carbon Emission (LCE). Aturan ini dikenal publik dengan sebutan program mobil murah.
Dalam aturan tersebut disyaratkan bagi pabrikan mobil yang berminat dalam program tersebut harus membuat mobilnya di Tanah Air. Menggunakan mesin 1000-1200cc dengan konsumsi BBM minimal 22 km/liter. Selain itu kandungan komponen lokal harus dominan.
Tahun lalu Astra International bersama Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Corporation telah memperkenalkan 2 model mobil murah. Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla bahkan telah siap produksi.
Setelah Agya dan Ayla plus regulasi yang semakin jelas diprediksi ada beberapa pabrikan mobil akan bermain dalam segmen ini. Suzuki bakal ikut serta, melalui Davy Tulian, Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales meyakinkan jika aturan sudah pasti dalam dua minggu segera diumumkan. Informasi yang didapat Dapurpacu.com Suzuki Wagon R dan A Star yang disiapkan.
Tidak ketinggalan Nissan melalui merek Datsun juga membidik segmen ini. Untuk desainnya akan terlihat wujudnya Juli 2013 dari India. Honda dikabarkan akan ikut meramaikan prediksi Dapurpacu.com kemungkinan menggunakan basis Honda N-One.
Menurut analisa kehadiran aturan ini akan mendongkrak penjualan mobil dalam jumlah besar. Bahkan beberapa analis memperkirakan penjualan mobil murah dengan model city car atau hatchback akan melewati pasar mobil keluarga (MPV) yang saat ini paling diminati oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya mobil-mobil LCGC/LCE bakal menawarkan harga di bawah Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s